Beberapa bandara memiliki jarak jauh antara bagian check-in dan gate keberangkatan sehingga banyak fasilitas bandara yang menyediakan kursi roda atau whellchair khususnya untuk penyandang disabilitas dan lansia. Tidak hanya untuk memudahkan pergerakkan pelanggan berkebutuhan khusus, namun fasilitas whellchair juga tersedia pada saat pelanggan berada didalam pesawat.
Undang-Undang 1986 Air Carrier Access Act mengharuskan maskapai penerbangan menyediakan layanan kursi roda gratis kepada setiap wisatawan yang memintanya, tanpa memerlukan deskripsi atau dokumentasi untuk kebutuhan itu.
Lalu, bagaimana Anda mengatur untuk mendapatkan kursi roda atau whellchair begitu Anda tiba di bandara? Setelah memesan tiket Anda, hubungi maskapai penerbangan Anda dan mintalah untuk memiliki kursi roda yang tersedia pada tanggal perjalanan Anda. Ini harus ditambahkan ke catatan penumpang Anda dan tersedia setelah Anda tiba di bandara. Maskapai penerbangan menggunakan empat sebutan untuk menentukan jenis bantuan kursi roda atau whellchair yang dibutuhkan:
- Penumpang yang bisa berjalan ke pesawat, tapi membutuhkan bantuan dari terminal ke pesawat terbang.
- Penumpang yang tidak bisa menavigasi tangga, tapi bisa berjalan di atas pesawat namun membutuhkan kursi roda untuk bergerak di antara pesawat terbang dan terminal.
- Penumpang dengan cacat anggota tubuh bagian bawah yang bisa menjaga diri, tapi butuh bantuan untuk berangkat dari pesawat terbang.
- Penumpang yang benar-benar tidak mampu bergerak dan membutuhkan pertolongan sejak mereka tiba di bandara sampai pada saat mereka perlu naik pesawat terbang.
Sebagian besar maskapai penerbangan meminta Anda melakukan permintaan kursi roda setidaknya 48 jam sebelumnya. Setelah check in, Anda dapat membuat pengaturan dengan gate agen untuk memiliki kursi roda yang tersedia di tempat transfer atau tujuan akhir Anda. Airlines juga memiliki kursi roda khusus untuk membantu orang naik pesawat terbang. Wisatawan disarankan untuk sampai di bandara setidaknya dua jam sebelum penerbangannya dijadwalkan berangkat dan berada di gerbang atau gate paling tidak satu jam sebelum keberangkatan.
Sumber : airtravel.about.com/od/accessableairtravel/f/askforairlineassistance.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar